Tips Travel Hemat ke Singapore

Ini adalah kumpulan tips bagi kalian yang ingin jalan jalan hemat ke Singapore.
Hemat biaya, hemat waktu dan hemat stress.
Semoga berguna.

– Urus paspor sendiri. Tidak perlu lewat calo.
Sekarang proses pembuatan paspor sudah semakin efisien, mudah dan transparan. Jika dokumen-dokumen dan persyaratan sesuai yang dibutuhkan oleh pihak Imigrasi terpenuhi, tidak perlu khawatir permohonan paspor kamu dikabulkan atau tidak.
Menggunakan calo dalam pengurusan paspor menambah biaya dan prosesnya mungkin hanya lebih cepat beberapa hari dibandingkan dengan jika mengurus sendiri.

– Book tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya.
Banyak maskapai sering memberikan promo tiket murah. Semakin awal kamu reservasi tiket pesawat, semakin tinggi kemungkinan kamu mendapatkan tiket dengan harga yang bersahabat.

– Gunakan website / aplikasi pembanding harga tiket pesawat.
Website / aplikasi pembanding harga tiket pesawat seperti https://www.skyscanner.co.id/ akan menghemat waktu kamu dalam mencari penawaran terbaik dari maskapai penerbangan yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

– Book tiket pesawat tanpa bagasi check-in.
Maskapai penerbangan hemat (Low Cost Carrier) seperti AirAsia, TigerAir dan JetStar memberikan alokasi bagasi kabin sekitar 7kg per orang dan mengenakan biaya untuk bagasi check-in.
Kalau kamu bisa menghemat pakaian dan barang yang kamu bawa selama travel ke dalam alokasi 7kg bagasi kabin tersebut, kamu bisa menghemat biaya bagasi check-in.

– Pesan bagasi check-in sebelum penerbangan
Kalau 7kg tidak cukup untuk pakaian dan barang-barang yang kamu bawa selama trip ke Singapore, kamu bisa membeli bagasi check-in sebelum penerbangan (pre-book online).
Hindari membeli bagasi check-in di bandara karena biayanya jauh lebih mahal dibandingkan pemesanan awal via online.

– Bawa makanan / camilan untuk dimakan di pesawat.
Maskapai penerbangan murah seperti AirAsia tidak memberikan makanan gratis seperti full-service carrier (Garuda Airline, Singapore Airlines dll). Kamu bisa membeli makanan / camilan (non-liquid) dan mengkonsumsinya selama di pesawat.

– Pesan makanan pesawat sebelum berangkat
Kalaupun kamu ingin membeli makanan yang disediakan maskapai, kamu bisa memesannya secara online sebelum berangkat (pre-book online) karena biasanya harganya lebih murah dibandingkan jika kamu beli langsung di pesawat.
AirAsia juga memberikan prioritas untuk melayani penumpang yang memesan makanannya melalui pre-book online baru kemudian melayani penumpang lain yang tidak memesan sebelumnya.

– Pilih trip di low season.
Harga tiket pesawat awal Maret akan relatif lebih murah dibandingkan harga tiket pesawat akhir Desember. Kecuali kalau kamu booking tiket pesawatnya satu tahun sebelumnya 🙂

– Pilih trip di hari kerja (Senin – Jumat).
Kebanyakan traveler memilih trip di akhir pekan (weekend), membuat persaingan mendapatkan tiket pesawat dan penginapan yang murah semakin ketat.

– Bawa botol air kosong.
Air mineral kemasan di Singapore lumayan mahal.
Tapi untungnya semua air keran di Singapore bisa diminum, bahkan air keran di toilet-toilet umum. Kamu bisa isi air dari keran manapun di Singapura tanpa perlu khawatir akan kebersihan airnya.
Memang akan kelihatan agak menjijikkan, karena di Indonesia tidak seperti demikian.
Untuk traveler yang tinggal di hostel backpacker, bisa ambil air dari dispenser yang biasanya tersedia di hampir semua hostel.

– Menginap di hostel
Hotel di Singapura terbilang mahal karena harga properti yang sangat tinggi di negara sangat kecil ini.
Opsi hemat untuk menginap di Singapura adalah hostel backpacker.
Hostel-hostel biasanya memiliki opsi 4-bed dorm, 6-bed dorm, 8-bed dorm hingga 10-bed / 12-bed dorm.

– Transportasi naik MRT
Untuk menghemat biaya travel, kamu bisa menggunakan MRT sebagai sarana transportasi selama di Singapura. Sistem perkeretaapian di Singapura sangat maju.
Keretanya bersih, tepat waktu, murah dan menjangkau sebagian besar kawasan wisata di Singapura.

– Makan di Hawker Centre
Untuk opsi makan murah di Singapura, carilah hawker centre.
Hawker centre adalah semacam food court / pujasera yang lokasinya tidak di dalam shopping mall.
Biasanya ada di lantai 1 kompleks perumahan (HDB apartemen) atau dekat kompleks perkantoran.