Inuka @ Singapore Zoo, Beruang Kutub Pertama yang Lahir di Area Tropis

tiket inuka singapore zoo

Bayangkan menyaksikan hewan yang biasanya menghabiskan seluruh hidupnya di kutub yang bersalju sepanjang tahun di Singapura yang sama tropisnya dengan Indonesia. Cukup mencengangkan dan mengagumkan memang melihat upaya Singapore Zoo untuk menghadirkan beruang kutub di dalam wahananya.

Namun usaha tersebut ternyata sudah berhasil selama puluhan tahun.

Inuka, adalah beruang kutub yang lahir di Singapore Zoo di tahun 1990 dan saat ini masih menghuni kebun binatang tersebut. Inuka tinggal di zona kutub yang telah dirancang sedemikian hingga menyerupai habitat asalnya.

Fakta-fakta mengenai Inuka:
1. Inuka dalam bahasa Inuit berarti “Pengintai Senyap”. Namanya dipilih melalui kontes nama yang digelar di Singapura yang waktu itu menerima sekitar 10.000 entri. Nama usulan lain termasuk: Arctos dan Shardik.

2. Inuka lahir pada tanggal 26 Desember 1990. Induknya, Sheba, berasal dari Jerman dan ayahnya, Nanook, berasal dari Kanada.

3. Kandang Inuka, yang memakan biaya 8 juta dolar Singapura, berukuran 2,5 kali lapangan basket dan dilengkapi dengan kolam renang, air terjun dan gua es.

4. Meskipun hanya berbobot 450 gram ketika lahir, berat Inuka saat ini mencapai 550 kg, sedikit lebih berat dibandingkan berat rata-rata beruang kutub jantan. Menurut organisasi Polar Bear International, beruang kutub terbesar yang pernah tercatat beratnya mencapai 1002kg!

5. Meskipun beruang kutub berburu dan memangsa anjing laut di alam liar, Inuka diberi makan daging, ikan, buah-buahan dan sayur-sayuran. Hewan mamalia besar ini biasanya makan sekitar 30 kg tiap harinya.

Kunjungi Inuka di:
Wahana: Singapore Zoo
Jam Buka: 08.30 – 18.00
Harga Tiket + Tram: Dewasa SGD 38, Anak 3-12 tahun SGD 25
(Dapatkan tiket diskon Singapore Zoo di sini)

Sumber: Thestraitstimes, Instagram

A photo posted by Jude (@j_loxley) on

A photo posted by amandesdream (@amandesdream) on

A photo posted by zeynep dogan (@zeynebdogan) on